Laman

Game Reward

Game Reward

Friday, 27 July 2012

KEANEKARAGAMAN HEWAN



A.   Pendahuluan
         Uraian bab ini bertujuan agar Anda memiliki wawasan pemahaman tentang masalah
keanekaragaman hewan sebagai bagian dari tatanan lingkungan hidup agar dapat dikelola
secara berkesinambungan untuk memenuhi kebutuhan hidup yang sehat dari generasi ke
generasi, serta mengenal dasar-dasar klasifikasinya sebagai suatu cara-cara
mempelajarinya, kemudian mengambil hikmah pelajaran nilai-nilai dari konsep dan
prinsip-prinsip keanekaragaman hewan yang diberikan oleh Allah swt.
         Berdasarkan tujuan pembelajaran umum tersebut dapat dijabarkan tujuan
pembelajaran khusus dalam mempelajari masalah Keanekaragaman Alam Hayati adalah
agar Anda dapat:
    1. Menjelaskan peranan keanekaragaman hewan bagi kehidupan manusia, baik ditinjau
untuk kebutuhan pokok hidup  dan kebutuhan tambahan hidup manusia  maupun
penanggulangan masalah-masalah lingkungan hidup..
    2. Meramalkan suatu kejadian yang berdampak pada keseimbangan lingkungan
berdasarkan fakta adanya kepunahan satu jenis hewan tertentu.
   3.  Mengambil pelajaran pendidikan nilai (nilai praktis, intelektual, sosial-politik, religi,
dan pendidikan) dari  keanekaragaman hewan ini sebagai sumber tatanilai untuk
kehidupan manusia.  
 
B.   Materi Pokok Keanekaragaman Hewan
           Keanekaragaman hewan menunjukkan berbagai variasi dalam bentuk, struktur
tubuh, warna, jumlah, dan sifat lainnya di suatu daerah.  Sumber alam hayati merupakan
bagian dari mata rantai tatanan lingkungan hidup, yang menjadikan lingkungan ini hidup
dan mampu menghidupkan manusia dari generasi ke generasi.  Banyak hewan sebagai
produksi pangan, sandang, bahan industri dan tenaga pengangkut dan bahan hiasan. Kita
patut bersyukur kepada Allah swt., karena alam semesta ini diserahkan kepada manusia
untuk diambil hikmahnya, diolah, dimanfaatkan secara lestari keberadaannya, baik secara
In Situ maupun Ex Situ seperti halnya pada tumbuhan.
        Dunia hewan dibagi dalam 10 filum, dan kemudian terbagi-bagi menjadi
kelas-kelas. Coba pelajari bagan BDK di bawah   ini. 2
BDK : Pembagian dunia hewan menjadi 10 filum. 3
1.   PROTOZOA
PROTOZOA
                  Memiliki nucleus (inti sel) satu macam                              Memiliki nucleus dua macam
                                                                                                              (makronukleus dan mikronukleus)
                  Alat gerak jumlahnya sedikit dan panjang,                          Alat gerak jumlahnya banyak dan pendek
                  Atau tak ada alat gerak hanya memiliki                                pada sebagian atau seluruh bagian tubuh
                   protoplasma yang dapat digunakan untuk                           yang disebut rambut getar (cilia)
                   bergerak (dromein)
                          PLASMODROMA                                                CILIOPHORA
                 Bergerak dengan              Bergerak dengan                 Rambut getar                  Rambut getar
                 protoplasmanya               bulu cambuk (flagel               terdapat pada                terdapat pada
                                                            atau mastix)                           seluruh tubuhnya         bagian tertentu
                                                                                                 tubuhnya dan
      Sifat gerakan       Sifat gerakan                                                                                         berfungsi sebagai
      aktif, karena         pasif, karena                                                                                          alat pengisap
      dapat meng-         tak mengubah -                                                                                    (sucker, sugere)
      ubah-ubah            ubah  protoplasma
      protoplasmanya
                                                                                                                Tidak memiliki          Memiliki  tangkai
                                                                                                                   tangkai                     pelekat
      Berkembangbiak    Berkembangbiak                                              pelekat
      dengan  spora         dengan membelah
      (satu  tubuh             diri  (satu tubuh                                          
      menjadi banyak      menjadi dua anak)                                      
       anak)                                                                                                   Paramaecium           Vorticella
                                         Perubahan                 Memiliki        
                                         tonjolan proto-           klorofil           Tidak              
                                         plasma disebut          seperti           memiliki
                                         sebagai kaki-            tumbuhan        klorofil
                                         semu  (pseudo-         (phyta)
                                         poda) atau
                                         kaki-akar
                                        (rhizapoda)
 SPOROZOA           RHIZOPODA/                    
  Plasmodium                 Amoeba                        Euglena                       Trypanosoma                                                            
     
    Gambar/BDK  :  Anekaragam hewan Protozoa dan klasifikasinya.
CILIOPHORA
PLASMODERMA
FLAGELLATA/
MASTIGOPHORA
CILIATA  SUCTORIA
RHIZOPODA  Phytomastigina Zoomastigina
PROTOZOA
SPOROZOA4
             
BDK  : Pembagian filum Chordata/Vertebrata menjadi lima kelas. 5
Gambar  :  Homologi rangka anggota tubuh pada Vertebrata
                                          Disesuaikan dengan lingkungan hidupnya. 6
Beberapa jenis hewan Vertebrata mengalami hidup di dua alam, yaitu semasa kecilnya
hidup di perairan, sedangkan setelah besar hidupnya di lingkungan darat, sehingga hewan
ini harus mengalami metamorfosis, sebagaimana ditunjukkan pada gambar di bawah ini.
Gambar:   Daur hidup hewan golongan katak (Amphibia).
Gambar : Regenerasi pada cacing pipih Planaria menunjukkan
   potongan tubuh dapat menjadi individu baru. 7
Gambar : Pembuahan pada Hydra dan cacing tanah.
Coelenterata        :  (Gk.  koilos = rongga;  enteron = usus) Suatu filum hewan
(Metazoa) yang tidak bertulang belakang dan tubuhnya simetri radial yang
menggunakan rongga tubuhnya sebagai ususnya dan sebuah mulut sebagai alat
menelan mangsanya, serta tentakel sebagai alat penangkap mangsanya. Daur
hidupnya mengalami fase polip dan fase medusa; fase polip hidupnya menempel di
batuan perairan, sedangkan fase medusa hidupnya melayang-layang di air.
Contohnya: ubur-ubur (Aurelia) dan Hydra. Untuk jelasnya daur hidup Coelenterata
ditunjukkan pada gambar di bawah ini. 8
Gambar: Anekaragam daur hidup pada beberapa hewan Coelenterata. 9
Bertubuh silindris ,                                          Bertubuh pipih,
Sistem pencernaan dengan                   Sistem pencernaan dengan peredaran darah
Sistem peredaran darah                         menjadi satu disebut sistem gastrovaskuler
terpisah          
Tubuh bersegmen      Tubuh tak
Segmen dan ber-        bersegmen,
Jenis kelamin dua       berjenis
(hermaprodit)             kelamin satu
 
Cacing tanah              Cacing gelang
         Memiliki rambut getar                                        Tidak memiliki rambut getar
          (turbellae)
         Tidak memiliki hospes,                                        Memiliki hospes (inang)
          tetapi tubuhnya memiliki                                     hewan ternak
          daya regenerasi tinggi
                                                        Hospes perantaranya         Tidak memiliki hospes
      adalah sejenis siput          perantara, hanya hospes
                                                          Limnea javanica                        definitif
                                                         sebagai tempat hidup
      larvanya (mirasidium)
untuk membentuk sporokista     Tubuhnya dibentuk
     agar menjadi redia dan            oleh proglotid-
             Planaria                              serkaria/metaserkaria              proglotid yang
                                                                                                    membentuk susunan
                                                        Hospes definitifnya                seperti korset
     adalah hewan ternak                   (cestus)
     
                                                        Memiliki mulut pengisap     Setiap proglotid
     (trematodes) ada 1-2            dapat membentuk
                                                                                                      individu baru dan
                                                                                                      kepalanya ada alat
                                                                                                      pengait (scolek)
                                                           
          Cacing hati
                                               
                                                        Cacing pita
Trematoda
Turbellaria
Cestoda
PLATYHELMINTHES
  ANNELIDA   NEMATODA
  VERMES (CACING) 10
        Gambar  : Anekaragam cacing (Vermes) dan klasifikasinya menjadi 3 filum.  
             Umumnya tidak memiliki cangkok                                         Umumnya memiliki cangkok
               
               Kepalanya (kephlae) memiliki tentakel        Cangkoknya berongga               Cangkoknya tak berongga
               ada 8 buah digunakan sebagai                                                                             tapi berupa kepingan
               penangkap mangsanya dan alat                                                                                 ada 8 buah
               gerak atau kakinya,                                  Cangkoknya          Cangkoknya      Dapat hidup di dua alam
                                                                                terbelah               tidak terbelah        (air dan darat/pantai)
               Tubuhnyamenghasilkan zat tinta             dua (bi-)                      tapi                   melekat pada batuan
               untuk melindungi dirinya dari               bagian (valvus)          berlubang
               kejaran musuhnya
                                                                                                                                                 
                CEPHALOPODA                           Alat geraknya                                                         Kiton
                                                                 kaki tonjolan dari                                                            
            Cumi-cumi                                                 mirip bentuk                     terpilin,                tak terpilin
                                                             kapak (pelecys)              lubangnya            lubangnya
                                                                                                   ada satu dan        ada dua buah
                                                berpenutup
                                 
                                                                                                   Bergerak dengan     Bergerak dengan
                                                                                                   kaki perutnya            kaki otot serupa
                                                       Kerang,                                 (gatrum)                   dayung (scapo)
                                                                                                           
                                                                                              Siput, keong                      Siput gading                                                                        
Gambar/ BDK  :  Anekaragam anggota Mollusca dan klasifikasinya.
    MOLUSCA
CEPHALOPODA
AMPHINEURA
BIVALVIA/
PELECYPODA
GASTROPODA SCAPOPODA11
            Memiliki kaki renang atau kaki dayung,                        Hanya bergerak dengan kaki jalan, karena tidak
            dan ada pula yang memiliki kaki jalan                                        memiliki kaki dayung
            Umumnya hidup di air, tetapi ada                Umumnya hidup di darat, kecuali beberapa larva serangga
            pula yang dapat hidup di darat
            Kaki jalan ada 10 buah (deca),                   Kaki jalan hanya sedikit            Kaki jalan berjumlah banyak
            tubuhnya dilindungi oleh                                                                              (myrio), lebih dari 5 pasang
            rangka luarang tebal melekat                        
            pada dagingnya (crusta)                    Kaki jalan ada          Kaki jalan ada
                                                                       8 buah (octo)           6 buah (hexa)
            Tubuh terbagi atas dua bagian,       Tubuh ada dua          Tubuh ada tiga      Tubuh ada dua bagian,
            kepala-dada bersatu   dan                      bagian                  bagian                  (kepala, dan dada-perut
                         perut                               kepala-dada bersatu       (kepala, dada,        bersatu berbuku-buku)
                                                                         dan perut                dan perut)
     
               Crustacea                     ARACHNOIDEA                 INSEKTA              MYRIOPODA                  
            (Decapoda)                  (OCTOPODA)          (HEXAPODA)      
                                                                             
                                                                Kaki jalan     Kaki jalan
                                                                                                            ada  1 pasang      ada 2 pasang
                                                                                                            tiap ruas tubuh    tiap ruas tubuh
     
                                                                                                     Sepasang kaki depan
                                                                                                    berubah menjadi
                                                                                                gigi beracun (chilos)
                                                                                                         
                                                                                                          CHILOPODA                DIPLOPODA
                                                                                         
CRUSTACEA /
DECAPODA
ARACHNOIDEA/
OCTOPODA
INSECTA/
HEXAPODA
MYRIOPODA
DIPLOPODA
  ARTHROPODA 12
Gambar/BDK :  Keanekaragaman Arthropoda dan klasifikasinya.
Gambar      : Perbandingan metamorfosis sempurna dan tak sempurna pada hewan. 13
            Tubuh umumnya memiliki lengan                                                            Tubuh       tidak memiliki lengan
         Memiliki tangkai           Tidak memiliki   tangkai pelekat                      Bentuknya bulat      Bentuknya lonjong
         sebagai  alat                                                                                                                           mirip dupa atau
         pelekat                         Lengan pendek, besar ,      Lengan panjang                                     jambangan
                                               dan  runcing                       dan kecil                                                 (thureus)
         Bentuknya mirip          Bentuknya mirip (eidos)       Bentuknya mirip                                     keseluruhannya
         bunga lili (crinum)        gambar bintang (aster)        ekor (oura)                                              (holos)
                                                                                          ular (ophis)              Mulut di bagian      Mulut di bagian
                                                                                                                         bawah permuka-     sisi tubuhnya
                                                                                                                           an tubuhnya
                                                                                                                         Kulit tubuhnya        Kulit tubuhnya
                                                                                                                          berduri keras          berduri lunak
                                                                                                                           (echinos)
   
       
Gambar/BDK: Anekaragam anggota Echinodermata dan klasifikasinya.
ECHINODERMATA
CRINOIDEA  ASTEROIDEA  OPHIUROIDEA
ECHINOIDEA HOLOTHUROID14
             
Golongan amfibi yang bergerak dengan ekor             Golongan amfibi yang bergerak
                                                                                     dengan kaki berselaput
Tidak (a) memiliki kaki       Berkaki atau kakinya                Kaki    tumbuh   dengan
  (pous/podos)                      rudimenter, hanya                     baik; kaki belakang lebih
                                             ekornya berkembang                 panjang dan ada selaput
                                             baik (cauda/oura) yang             renang,   berguna  untuk
                                             tampak jelas (delos)                  melompat (salientis)
             Cecilia                          Salamander, siren                          Katak , bufo
                 Gambar :   Anekaragam anggota Amphibia dan klasifikasinya.
   AMPHIBIA
A p o d a  Caudata / Urodela  Anura / Salientis 15
R E P T I L I A
          Tubuh memiliki kerapak (perisai)                                            Tubuh tidak memiliki kerapak
              sebagai pelindung tubuhnya
              Ekornya pendek atau rudimenter                                                   Berekor    panjang
              Rahangnya (chele) ada paruh                                                 Giginya berkembang baik
              sebagai alat menggigit makanannya,
              karena ia tidak bergigi            
                                                                 Tubuh bersisik halus  /pipih                            Tubuh bersisik kasar/
                                                                                                                                  Membentuk tonjolan-tonjolan
                                                      Tidak berkaki atau          Kaki berkembang baik
                                                      Kakinya rudimenter        sebagai alat berjalan,
   sehingga alat jalan         karena otot-otot lengan
                                                      digantikan oleh sisik       (lacertus) tumbuh
           Bangsa penyu                    yang dibantu oleh           dengan baik                         Bangsa buaya
                                                      gerakan otot
 
Bangsa ular                            Bangsa kadal
           CHELONIA                       O P H I D I A                  LACERTILIA                          CROCODILIA
                           
Gambar/BDK : Anekaragam golongan Reptilia dan klasifikasinya.
CROCODILIA
      REPTILIA
CHELONIA
O P H I D I A LACERTILIA16
               Bertelur dan berparuh                                                               Melahirkan anak dan tidak berparuh
            Masih ada kloaka,
            hanya ada satu (mono)           Memiliki kantung           Tidak ada marsupium, sudah memiliki plasenta
            lubang (troma)                         (marsupium)                 sebagai tempat pertumbuhan janinnya di
            pengeluaran untuk              untuk memelihara             dalam tubuh induk betinanya
            bertelur maupun               bayinya hingga
            membuang kotoran         dapat berjalan
                                                    sendiri,                       Memiliki alat melayang          Tidak memiliki sayap kulit
                                                                                              atau terbang
                                                 Ia tidak memiliki
            MONOTREMATA         plasenta sejati                                                     Hidup di darat         Hidup di air
                                                                                                                           Alat geraknya         Alat geraknya
                             Platypus                                   Ada selaput kulit                      kaki jalan                   sirip
                                                                              (derma) melebar
                                             MARSUPILIA       sebagai sayap(pteron)
                                                                                                                       
                                              Kanguru                                          Sayap selaput                 Sirip ekor     Sirip ekor
                                                                                                      dari bagian                      arahnya       arahnya  
                                                                     DERMOPTERA       tangan (cheir),                mendatar        tegak
                                                                                                      badan dan kaki
                                                                    Lemur peluncur        
                                                                      CHEIROPTERA  CETACEA    
                                                                                                  Kelelawar                       Paus biru         Duyung
                                                                               
          Pemakan hewan
                                                                                                                                           Pemakan tumbuhan
                                                                     Tak           bergigi                          Bergigi           (Lihat bagan selanjutnya)
                                             Bersisik (pholis)         Tak bersisik          Gigi taring besar       Gigi kecil
                                                                                                                 
                               Tenggiling                 Armadilo                      Singa                              Celurut                  
         
Gambar/BDK:  Keanekaragaman alat gerak dan habitat Mammalia.
MAMMALIA
PHOLIDOTA
SIRENIA
EDENTATA
INSECTIVORA
CARNIVORA
MONOTREMATA
MARSUPILIA
DERMOPTERA17
M A L I A
             Pemakan tumbuhan/rumput                          Pemakan segala campuran
                         (herba)                                                    Mammalia yang memiliki
                                                                                             kecerdasan tinggi    dan
                                                                                          banyak keutamaan (prima)
          Memiliki hidung panjang      Hidung pendek
              sebagai belalai                                                                        
            (proboscis) berfungsi                                                                      
            sebagai tangan                                                                         Monyet, kera
                                              Memiliki                   Tak memiliki      
                                            gigi (dentis)                 gigi pengerat
       Proboscidae           pengerat (rodere)
          Gajah
                                Gigi pengerat    Gigi pengerat          Kaki        
                                 Sederhana            ganda            berjari kuku    
                                   (simplisi-     (duplicidentata)   (dactylon)        
                                    dentate)                                      ganjil            
                                                                                     (perisos)
                                                      Kaki berjari kuku
                                                            Ada gigi                                genap (artios)
         pengerat
        tambahan
                                       
                       
                                 Tikus,               Kelinci,               Kuda, badak       domba, sapi  
                                                          Kelinci
Gambar/BDK : Keanekaragaman tipe mulut dan kaki Mammalia.
     MAMMALIA
Proboscidae
Lagomorpha
Perissodactyla  Artyodactyla
Primata
Rodentia18
C.  Pengembangan Nilai tentang Keanekaragaman Hayati
1.  Nilai Praktis tentang Keanekaragaman Makhluk Hidup
         Untuk memahami keanekaragaman alam hayati  ini, coba Anda baca/pikirkan
kembali bagan-bagan BDK di atas, kemudian jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut:
Sebutkan persamaan dan perbedaan ciri-ciri antara takson yang satu dengan
takson lainnya, dan kaitkan dengan arti terminologinya sehingga dapat
mengungkap mengapa golongan organisme itu dinamakan demikian,
a. Berdasarkan Kunci Dikotomi dan BDK-BDK tersebut, coba amati makhluk hidup
yang ada di sekitar dan tentukan termasuk kelompok organisme yang mana?
b. Diskusikan manfaat dari setiap contoh-contoh hewan  yang mewakili golongan
taksonnya,
Misalnya:
- Protozoa               : Plasmodium adalah penyebab penyakit malaria.
- Porifera                : Heliclona berguna untuk bahan penggosok alat-alat
- Coelenterata         : Ubur-ubur untuk bahan pembuatan plastik
- Platyhelminthes   : Taenia sebagai penyakit cacing pita pada hewan
- Nemathelminthes: Cacing filaria sebagai penyebab penyakit kaki-gajah        
(Elephantiasis) dan penyakit lainnya.
- Annelida              : Pheretima menyuburkan tanah pertanian dan bahan kosmetik.                
- Mollusca            : Loligo (cumi-cumi) sebagai sumber protein untuk bahan makanan.
- Echinodermata   : Crinoidea(akar bahar) untuk bahan gelang bakar.
- Arthropoda         : Udang sebagai bahan komoditi eksport makanan.
                               Wereng sebagai hama tanaman pertanian
                               Nyamuk dan lalat sebagai vektor penyakit tertentu,
                               Labah-labah tanah, kalajengking,lebah menghasilkan racun bisa
                               Lebah menghasilkan “royal jelly/madu” untuk obat,   dll.
- Vertebrata          : Sapi sebagai penghasil daging dan susu
                               Unggas sebagai penghasil daging dan telur
                               Penyu sebagai penghasil telur untuk obat
                               Katak sebagai penghasil daging.
                               Ikan mas sebagai sumber protein untuk makanan, dll.
       
e.  Suatu definisi istilah dapat disusun berdasarkan ciri-ciri utamanya yang dikemas
menjadi suatu kalimat pernyataan yang singkat, padat, dan logis. Dengan bantuan
BDK-BDK di atas, cobalah Anda buat definisi setiap  golongan organisme 19
tersebut dengan cara menyusun kata-kata penghubung  yang terdapat dalam satu
garis pada bagan/BDK itu.
2. Pengembangan Nilai Intelektual (Kecerdasan)
           Nilai-intelektual yang dapat dikembangkan dari konsep Keanekaragaman Makhluk
Hidup di atas, yaitu:    
      a.   Bagaimanakah mengupayakan suatu hewan yang semula dipandang merugikan
kehidupan manusia menjadi bermanfaat ?
      b.  Bagaimanakah upaya menangkap ikan agar populasinya masih terus berkembang
semakin banyak, padahal setiap harinya ditangkap oleh nelayan itu?
3. Pengembangan Nilai Religi
           Nilai religi yang dapat dkembangkan dari belajar konsep Keanekaragaman
Makhluk Hidup di atas, antara lain:
      a. Dengan mengetahui berbagai manfaat/ kegunaan  hewan untuk kecukupan hidup
manusia sebagaimana telah disinggung dalam uraian nilai praktis di atas, maka
sudah semestinya manusia bersyukur kepada Tuhan YME yang telah
menyediakan atau menciptakan organisme-organisme tersebut.
      b.   Dengan membandingkan berbagai struktur tubuh hewan yang ada di dunia dengan
struktur tubuh manusia, kita dapat berkesimpulan bahwa manusia diciptakan
dalam bentuk yang paling sempurna sebagai bentuk kasih saying Tuhan kepada
manusia. Nikmat Tuhan manakah yang kamu dustakan?
4.  Pengembangan Nilai Sosial-Politik.
            Nilai sosio-politik dapat dikembangkan melalui belajar konsep Keanekaragaman
antara lain:
      a.   Dengan memperhatikan struktur luar tumbuhan yang satu dengan lainnya, kita
dapat menarik kesimpulan berbagai pola pertumbuhan batang, daun, bunga, dan
buahnya bilamana antar bagian-bagiannya tersebut diumpamakan sebagai
manusia, maka dapat dikemukakan berbagai tipe manusia, seperti:
            *  Tipe kepemimpinan yang demokratis dilambangkan seperti kehidupan singa
yang setiap periodenya diadakan seleksi dengan jalan bertarung antara singa
jantan satu dengan lainnya. Pejantan yang kalah harus mengakui dan memilih
kelompok singa lainnya.  Menurut Al-Quran pemimpin  yang menjadi
dambaan rakyat adalah:
                  ”Pemimpin yang sangat merasakan betul getar duka anak bangsa,
merindukan keimanan dan keselamatan rakyat, serta sangat mengasihi orangorang yang beriman”. (QS. 9:128). 20
                  Al-Quran telah memberikan petunjuk yang jelas dan tegas, ketika Tholut yang
bukan dari kabilah Yahudi dan bukan hartawan telah diangkat menjadi Raja
Bani Israel. Allah menegaskan bahwa Tholut telah diberi kelebihan fisik yang
perkasa dan wawasan ilmu yang luas (QS. 2:247).
            *   Tipe kepemimpinan yang otoriter disimbolkan dengan kucing jantan, karena ia
akan berusaha mencekik anak kucing jantan yang telah dilahirkan oleh kucing
betinanya.
       b. Dengan memperhatikan berbagai pola perilaku hewan/binatang, kita dapat
menarik berbagai pelajaran tentang status sosial suatu dalam suatu masyarakat
binatang, seperti:
            *    Komunitas semut, lebah, rayap adalah binatang yang status sosialnya tinggi,
karena ada pembagian kerja sesuai dengan karakteristik atau kemampuannya;
ada sebagai ratu, prajurit, pekerja, dan ada ratunya.
 
5.  Pengembangan Nilai Pendidikan
             Nilai pendidikan dapat dikembangkan melalui belajar konsep Keanekaragaman
Makhluk Hidup, antara lain:
      a. Pendidikan Teknik
          -  Dengan mempelajari struktur sistem persendian pada pertulangan hewan
vertebrata dapat ditiru dalam teknik pembuatan jalan layang yang menggunakan
sistem penyanggahnya dapat diputar sehingga tidak mengganggu lalu-lintas
sehari-hari; yang dikenal dengan teknik sosro bahu, karena meniru dari sistem
persendian pada bahu tangan.
          -   Dengan mempelajari struktur tubuh hewan-hewan yang dapat terbang memberi-
kan inspirasi bagaimana membuat pesawat terbang, seperti: capung untuk model
pesawat helicopter, aneka burung untuk bentuk pesawat terbang, dll.  
      b. Pendidikan Mental
          -   Tipe orang seperti kucing jantan adalah seseorang yang tidak mau tersaingi oleh
lainnya. Itulah sebabnya, kelahiranm anak kucing oleh induknya di tempat yang
tersembunyi agar tidak diketahui oleh sang jantannya; jika diketahui sang
jantan, maka anak kucing jantan akan dicekiknya sampai mati. Kepemimpinan
Fir’aun seperti layaknya kucing, sehingga setiap anak-anak laki-laki yang lahir
pada zamannya dibunuhnya; kecuali tas pertolongan Allah kepada Musa. AS.    
     
     c. Pendidikan Kepemimpinan21
           - Pada golongan monyet, singa, harimau,  sapi, gajah, bahkan ayam kalkun an
hewan lainnya yang hidup sosial memiliki sistem pemilihan pemimpinnya yang
diatur secara berkala.
     
       d. Pendidikan Patriotisme
           - Perilaku lebah dalam kehidupan sehari-harinya dan mempertahankan harga
dirinya bila diganggu dapat ditiru oleh manusia. Lebah dalam mencari makanan
dipilih yang bersih, seperti madu bunga. Kemudian apa yang dikeluarkannya
pun dari tubuhnya berupa madu (royal jelly) yang berkasiat bagi kesehatan. Jika
ia hinggap di dahan atau ranting tidak menyebabkan  dahan/ranting menjadi
patah. Tetapi jika ia diganggu, maka ia tidak segang-segan akan mengejarnya
untuk membalasnya dengan menyengatnya, bahkan sampai mati ia relakan,
karena dengan menyengat ia selanjutnya akan mengalami kematian. Karena itu,
manusia yang berjiwa patriot dapat diumpamakan sebagai kehidupan seekor
lebah yang memiliki prinsip hidup sesuai status sosialnya.
F.   Bahan Diskusi
 PILIHAN GANDA
1. Golongan udang, serangga, labah-labah, dan kelabang termasuk   filum Arthropoda,
karena memiliki kesamaan ciri:
   a. Tubuhnya bersegmen-segmen                   c. Kakinya berbuku-buku
   b. Berkaki banyak                                         d. Memiliki antena.
2. Pembagian dan penamaan kelas-kelas dalam Protozoa adalah    didasarkan pada:
   a. Daur hidupnya dan sifat hidupnya            b. Perkembangbiakan dan alat geraknya
   c. Bentuk tubuhnya dan alat geraknya         d. Jumlah inti dan komposisi selnya.
3. Pembagian dan penamaan ordo-ordo pada golongan serangga adalah  didasarkan:
a.Keadaan sayap dan  metamorfosisnya.    b. Jenis makanan dan tipe mulutnya.
   c. Jumlah segmen tubuh dan kakinya.         d. Jenis metamorfosis dan makanannya.
4. Euglena, Volvox, dan Chlamydomonas digolongkan ke dalam Kingdom  Protista yang
terpisah dari Protozoa ataupun Ganggang, karena    alasannya:
a. Tubuh bersel satu dan  bersifat autotrof.  
b. Selnya mengandung klorofil dan bergerak aktif.
   c.   Selnya  eukariot dan tidak mengandung klorofil
   d. Hidup sebagai parasit dan bergerak bebas. 22
10.Golongan Vertebrata yang daur hidupnya mengalami metamorfosis
   adalah kelas:
   a. Pisces                         b. Amphibia            c. Reptilia                     d. Mammalia.
SOAL  URAIAN
 1.   Uraikan kandungan nilai dari konsep dan prinsip-prinsip keanakeragaman hewan
untuk pelajaran dan kesejahteraan bagi manusia, terutama:  
                  a.   Nilai praktis
                  b.   Nilai intelektual
                  c.   Nilai sosial-politik
                  d.   Nilai pendidikan
                  e.   Nilai religi.
 2.   Coba simak setiap bagan BDK tentang Keanekaragaman hewan, kemudian Anda
tunjukkan perbedaan antar takson-takson dalam bagan itu !  
 
   

No comments:

Post a Comment